Berdoa dengan Tawashul

👐 Berdoa Dengan Tawasul Part 3



📜 Syaikh Sulaiman bin Ahmad bin Ayyub Ath-Thabrani dalam kitabnya Mu'jamul Kabir, Maktabul Ulum wal Hikam, juz 24,cet II,Mushil,1983,hal 351 menceritakan bahwa ketika Ibu Khalifah Ali bin Abi Thalib yg bernama Fathimah binti Asad meninggal dunia, Rasulullah memberikan pakaiannya untuk dijadikan kain kafan. Kemudian beliau memerintahkan Usamah bin Zaid, Abu Ayyub Al-Anshari, Umar bin Khattab dan seorang pemuda berkulit hitam untuk menggali kubur,merekapun melaksanakan perintah Rasul. Namun ketika hendak menggali liang lahat, Rasulullah memerinrahkan mereka untuk berhenti kemudian dengan kedua tangannya yg mulia beliau sendiri yg menggali liang lahat dan membuang tanahnya. Setelah selesai, beliau berbaring didasar kubur dan kemudia berkata:

الله الذين يحيي ويمست وهو حي لايموت اغفر لامي فاطمة بنت اسد،ولقنها حجتها مدخلها بحق ببيك والانبيآء الذين من قبلي،فانك أرحم الراحمين.
"Allah adalah yang Maha Menghidupkan dan Maha Mematikan dan Dia Maha Hidup dan tidak akan pernah mati. Ampunilah ibuku Fathimah binti Asad dan bimbinglah dia untuk mengucapkan hujahnya serta luaskanlah kuburnya dengan hak (kemulian) Nabimu dan para Nabi sebelumku. Karena sesungguhnya Engkau Maha Pengasih dari semua yang berjiwa Pengasih."

Setelah itu Rasulullah mensholatkan jenazah beliau dan memakamkannya dibantu oleh Ibnu Abbas dan Abu Bakar Ash-Shidiq. (HR. Thabrani).

👳🏻 Menurut Al-Hafidz Al-Ghimari bahwa hadits diatas merupakan hadits hasan,sedangkan menurut Hibban adalah hadits shahih, hal ini ditulis oleh Syaikh Muhammad bin Alwi Al-Maliki Al-Hasani dalam kitab Mafahim Yajibu An Tushohaha,cet X, Darul Auqof Was Syu'un Al-Islamiyyah,Dubai,1995,hal 146.
Dalam hadits diatas disebutkan dengan jelas bahwa Rasulullah bertawasul dg diri beliau sendiri serta Nabi sebelum beliau yang semuanya telah meninggal dunia kecuali Nabi Isa AS.

والله اعلم...
Dinukil dari buku "Inilah Dalilnya" oleh Habib Novel Alaydrus

0 comments: