Kenapa Malam Lailatul Qadr di Rahasiakan ???

Kapankah Lailatul Qadar datang?
Mengapa dirahasiakan ?
Memang, banyak pendapat dari ulama berkenaan kapan Lailatul Qadr. Akan tetapi pendapat yang menetapkan malam sekian dan sekian itu menjadikan orang-orang awam tidak mengisi seluruh Ramadhan dengan ibadah, mereka hanya mau bersungguh-sungguh di malam yang katanya Lailatul Qadr. sehingga menghilangkan substansi mengapa Allah SWT menyembunyikan Lailatul Qadr dibalik malam - malam Bulan Suci Ramadhan.

Mengapa disembunyikan malam tersebut ?
mengutip dari perkataan al-Imam Fakhruddin ar-Razi dalam Mafatihul Ghaibnya :
أَنَّهُ تَعَالَى أَخْفَى هَذِهِ اللَّيْلَةَ لِوُجُوهٍ أَحَدُهَا: أَنَّهُ تَعَالَى أَخْفَاهَا، كَمَا أَخْفَى سَائِرَ الْأَشْيَاءِ، فَإِنَّهُ أَخْفَى رِضَاهُ فِي الطَّاعَاتِ، حَتَّى يَرْغَبُوا فِي الْكُلِّ، وَأَخْفَى غَضَبَهُ فِي الْمَعَاصِي لِيَحْتَرِزُوا عَنِ الْكُلِّ، وَأَخْفَى وَلِيَّهُ فِيمَا بَيْنَ النَّاسِ حَتَّى يُعَظِّمُوا الْكُلَّ، وَأَخْفَى الْإِجَابَةَ فِي الدُّعَاءِ لِيُبَالِغُوا فِي كُلِّ الدَّعَوَاتِ، وَأَخْفَى الِاسْمَ الْأَعْظَمَ لِيُعَظِّمُوا كُلَّ الْأَسْمَاءِ، وأخفى في الصَّلَاةَ الْوُسْطَى لِيُحَافِظُوا عَلَى الْكُلِّ، وَأَخْفَى قَبُولَ التَّوْبَةِ لِيُوَاظِبَ الْمُكَلَّفُ عَلَى جَمِيعِ أَقْسَامِ التَّوْبَةِ، وَأَخْفَى وَقْتَ الْمَوْتِ لِيَخَافَ الْمُكَلَّفُ، فَكَذَا أَخْفَى هَذِهِ اللَّيْلَةَ لِيُعَظِّمُوا جَمِيعَ لَيَالِي رَمَضَانَ 

Singkatnya terjemah bebasnya adalah sebagai berikut : 

" Bahwa Allah SWT menyebunyikan ridhonya Allah dalam semua ketaatan agar manusia mengerjakan semua amal baik itu (tidak pilih2), begitupun Allah sembunyikan murkanya dibalik semua kemaksiatan agar manusia meninggalkan semua dosa, dan Allah sembunyikan Ijabah doa agar orang bersungguh-sungguh dalam berdoa, dan Allah menyembunyikan ismul a'dzam dari seluruh namanya agar manusia memuliakan seluruh nama, dan Allah sembunyikan shalat wushto dibalik semua shalat, agar manusia tidak meremekan shalat dan menjaga semuanya, ........... dan Allah SWT sembunyikan Lailatul Qadar agar manusia mengagungkan seluruh malam malam ramadhan .. "
Jadi, MUSLIM YANG BERUNTUNG adalah muslim yang mengisi seluruh malam ramadhan dengan ibadah, bukan yang memilih-milih malam tertentu saja.

Terus, adakah doa yang diajarkan oleh Rasulullah SAW yang dibaca di Malam Lailatul Qadr tersebut ?
Sebenarnya ada dan kita orang-orang Ahlussunnah Wal Jamaah secara tidak sadar sudah sering membacanya, ketika setelah selesai shalat witir secara berjamaah, berikut adalah doanya
 

Oleh : Ahmad Al-Farisi

0 comments: