Doa Hendak Tidur

Doa Hendak Tidur
(Riyadhus Sholihin)
اَللَّهُمَّ اِنِّى اَسْلَمْتُ وَجْهِى اِلَيْكَ وَفَوَّضْتُ اَمْرِىْ اِلَيْكِ ,وَالْجَأْتُ ظَهْرِى اِلَيْكَ رَغْبَةً وَرَهْبَةً اِلَيْكَ لَا مَلْجَأَوَلَا مَنْجَى اِلَّا اِلَيْكَ آمَنْتُ بِكِتَابِكَ الَّذِى اَنْزَلْتَ, وَنَبِيِّكَ الَّذِى اَرْسَلْتَ.
Sahabat Al Barra bin Azib ra. berkata :
Rasulullah Saw. bersabda kepadanya :
Bila kamu hendak tidur berwudhulah seperti wudhu akan shalat kemudian berbaring miring ke kanan dan berdoa sebagai ucapan terakhir.

“Ya Allah, aku serahkan wajahku kepada-Mu dan aku limpah pasrahkan segala urusanku kepada-Mu dan aku sandarkan punggungku kepada-Mu dengan rasa senang dan takut kepada-Mu. Tiada perlindungan dan keselamatan dari-Mu kecuali kepada-Mu. Aku beriman kepada kitab (Al-Quran) yang Engkau turunkan dan kepada Nabi-Mu yang Engkau utus.” 
(HR. Bukhari, Muslim dan Ahlussunan)

Ali bin Abi Thalib ra. berkata : “Aku, tidur bersama Rasulullah Saw. pada suatu malam dan aku mendengar beliau berdoa saat mau tidur.”

اَللَّهُمَّ اَعُوْذُبِكَ بِمُعَافَاتِكَ مِنْ عُقُوَبِتِكَ وَاَعُوْذُبِرِضَاكَ مِنْ سَخَطِكَ, وَاَعُوْذُبِكَ مِنْكَ. اَللَّهُمَّ لَا اَسْتَطِيْعُ ثَنَاءً عَلَيْكَ وَلَوْحَرَصْتُ وَلَكِنْ اَنْتَ كَمَااَثْنَيْتَ عَلَى نَفْسِكَ.

“Ya Allah, aku berlindung kepada pengampunan-Mu dari siksa-Mu, dan berlindung kepada ridha-Mu dari murka-Mu, dan berlindung kepada-Mu dari-Mu. Ya Allah, aku tidak mampu mensyukuri-Mu, meskipun aku sudah (dengan rakus) melakukannya, tetapi Engkau sebagaimana mensyukuri atas dari-Mu.” (HR. Ath Thabarani dalam “Alausath”)


1 comment: