Menguatkan Kesahihan Hadis Bahwa Nabi Berdzikir di Makam
Hadis tentang dzikir yang dibaca oleh Rasulullah saat
pemakaman Sa'd bin Muadz pada dasarnya adalah sebagai hadis Mutaba'ah (penguat
secara eksternal) dari hadis-hadis Sahih tentang Sa'd bin Muadz yang selamat
dari siksa kubur. Hadis tersebut adalah:
عَنْ
جَابِرِ بْنِ عَبْدِ اللهِ الأَنْصَارِيِّ، قَالَ: خَرَجْنَا مَعَ رَسُولِ اللهِ صَلَّى
اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَوْمًا إِلَى سَعْدِ بْنِ مُعَاذٍ حِينَ تُوُفِّيَ، قَالَ:
فَلَمَّا صَلَّى عَلَيْهِ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَوُضِعَ
فِي قَبْرِهِ وَسُوِّيَ عَلَيْهِ، سَبَّحَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ،
فَسَبَّحْنَا طَوِيلًا، ثُمَّ كَبَّرَ فَكَبَّرْنَا، فَقِيلَ: يَا رَسُولَ اللهِ، لِمَ
سَبَّحْتَ؟ ثُمَّ كَبَّرْتَ؟ قَالَ: " لَقَدْ تَضَايَقَ عَلَى هَذَا الْعَبْدِ
الصَّالِحِ قَبْرُهُ حَتَّى فَرَّجَهُ اللهُ عَنْهُ "
“Jabir bin Abdillah berkata: “Pada suatu hari kami keluar
bersama Rasulullah shalla Allahu ‘alaihi wa sallam menuju sahabat Sa’ad bin
Mu’adz ketika meninggal dunia. Setelah Rasulullah shalla Allahu ‘alaihi wa
sallam menunaikan shalat jenazah kepadanya, ia diletakkan di pemakamannya, dan
tanah diratakan di atasnya, maka Rasulullah shalla Allahu ‘alaihi wa sallam
membaca tasbih. Kamipun membaca tasbih dalam waktu yang lama. Kemudian Nabi
membaca takbir, maka kami membaca takbir. Lalu Nabi ditanya: “Wahai Rasulullah,
mengapa engkau membaca tasbih kemudian membaca takbir?” Nabi menjawab: “Kuburan
hamba yang shaleh (Sa’ad bin Mu’adz) ini benar-benar menjadi sempit kepadanya,
hingga Allah melapangkannya baginya.”
- Pendapat Ahli Hadis al-Hafidz Al-Haitsami:
ﺭﻭاﻩ ﺃﺣﻤﺪ، ﻭاﻟﻄﺒﺮاﻧﻲ ﻓﻲ اﻟﻜﺒﻴﺮ، ﻭﻓﻴﻪ ﻣﺤﻤﻮﺩ ﺑﻦ ﻣﺤﻤﺪ ﺑﻦ ﻋﺒﺪ اﻟﺮﺣﻤﻦ
ﺑﻦ ﻋﻤﺮﻭ ﺑﻦ اﻟﺠﻤﻮﺡ ﻗﺎﻝ اﻟﺤﺴﻴﻨﻲ: ﻓﻴﻪ ﻧﻈﺮ. ﻗﻠﺖ: ﻭﻟﻢ ﺃﺟﺪ ﻣﻦ ﺫﻛﺮﻩ ﻏﻴﺮﻩ.
Hadis ini diriwayatkan oleh Ahmad dan ath-Thabrani dalam
Mu'jam Kabir. Di dalamnya terdapat Mahmud bin Muhammad bin Abd Rahman bin Amr
bin al-Jamuh. Al-Husaini berkata: "Ia bermasalah". Saya (al-Haitsami)
Tidak aku temukan ulama yang menyebutnya selain al-Husaini (Majma' az-Zawaid)
- Komentar Ulama Salafi Syekh Al-Albani:
ﻭﺭﺟﺎﻟﻪ ﺛﻘﺎﺕ ﻏﻴﺮ ﻣﺤﻤﻮﺩ ﻫﺬا , ﻓﻘﺎﻝ اﻟﺤﺴﻴﻨﻰ: " ﻓﻴﻪ ﻧﻈﺮ
". ﻭﻗﺎﻝ اﻟﺤﺎﻓﻆ ﻓﻰ " اﻟﺘﻌﺠﻴﻞ ": " ﻟﻢ ﻳﺬﻛﺮﻩ اﻟﺒﺨﺎﺭﻯ ﻭﻻ ﻣﻦ ﺗﺒﻌﻪ
".
Para perawi hadisnya terpercaya kecuali Mahmud ini.
Al-Husaini berkata: "Ia bermasalah". Al-Hafidz berkata dalam
at-Ta'jil: "Al-Bukhari dan lainnya tidak menyeburnya" (Irwa'
al-Ghalil /166)
- Pendapat Syekh Syuaib al-Arnauth:
ﺇﺳﻨﺎﺩﻩ ﺣﺴﻦ ﻣﻦ ﺃﺟﻞ اﺑﻦ ﺇﺳﺤﺎﻕ، ﻭﻣﺤﻤﻮﺩ- ﻭﻳﻘﺎﻝ: ﻣﺤﻤﺪ- ﺑﻦ ﻋﺒﺪ اﻟﺮﺣﻤﻦ
ﻟﻢ ﻳﺮﻭ ﻋﻨﻪ ﻏﻴﺮ ﻣﻌﺎﺫ ﺑﻦ ﺭﻓﺎﻋﺔ، ﻭﻭﺛﻘﻪ ﺃﺑﻮ ﺯﺭﻋﺔ ﻛﻤﺎ ﻓﻲ "اﻟﺠﺮﺡ ﻭاﻟﺘﻌﺪﻳﻞ"
7/316، ﻭﺫﻛﺮﻩ اﺑﻦ ﺣﺒﺎﻥ ﻓﻲ "اﻟﺜﻘﺎﺕ" 5/373.
Hadis ini riwayat Ahmad. Sanadnya Hasan, karena Ibnu
Ishaq. Sementara Mahmud adalah Muhammad bin Abd Rahman, yang meriwayatkan
darinya hanya Muadz bin Rifaah. Ia dinilai terpercaya oleh Abu Zurah dalam
al-Jarh wa at-Ta'dil (7/316) dan Ibnu Hibban memasukkannya dalam ats-Tsiqat
(5/373)
ﻭاﻟﺤﺪﻳﺚ ﻓﻲ "ﺳﻴﺮﺓ اﺑﻦ ﻫﺸﺎﻡ"
ﻋﻦ اﺑﻦ ﺇﺳﺤﺎﻕ 3/263. ﻭﺃﺧﺮﺟﻪ اﻟﻄﺒﺮاﻧﻲ (5346) ﻣﻦ ﻃﺮﻳﻖ ﻣﺤﻤﺪ ﺑﻦ ﺳﻠﻤﺔ، ﻭاﻟﺒﻴﻬﻘﻲ ﻓﻲ
"ﺇﺛﺒﺎﺕ ﻋﺬاﺏ اﻟﻘﺒﺮ" (113) ﻣﻦ ﻃﺮﻳﻖ ﻳﻮﻧﺲ ﺑﻦ ﺑﻜﻴﺮ، ﻛﻼﻫﻤﺎ ﻋﻦ ﻣﺤﻤﺪ ﺑﻦ ﺇﺳﺤﺎﻕ،
ﺑﻬﺬا اﻹﺳﻨﺎﺩ. ﻭﺃﻭﺭﺩﻩ اﻟﺒﺨﺎﺭﻱ ﻓﻲ "اﻟﺘﺎﺭﻳﺦ اﻟﻜﺒﻴﺮ" 1/148 ﻣﺨﺘﺼﺮا: ﺩﻓﻦ ﺳﻌﺪ
ﺑﻦ ﻣﻌﺎﺫ ﻭﻧﺤﻦ ﻣﻊ اﻟﻨﺒﻲ ﺻﻠﻰ اﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ.
Hadis ini terdapat dalam Sirah Ibni Histam 3/263
dari Ibnu Ishaq. Diriwayatkan oleh ath-Thabrani 5346. Oleh al-Baihaqi dalam
Itsbat Adzab al-Qabri 113. Dan al-Bukhari dalam at-Tarikh al-Kabir 1/147.
Imam Ahmad meriwayatkan hadis ini sebanyak dua kali. Pada
riwayat kedua ini Syekh Syuaib menulis catatan:
ﺣﺪﻳﺚ
ﺻﺤﻴﺢ، ﻭﻫﺬا ﺇﺳﻨﺎﺩ ﺣﺴﻦ. ﻭﻗﺪ ﺳﻠﻒ ﺑﻬﺬا اﻹﺳﻨﺎﺩ ﺑﺮﻗﻢ (14873) ﻓﺎﻧﻈﺮﻩ.
Ini hadis sahih. Sanad hadis ini adalah Hasan. Sabadnya
telah dijelaskan di no 14873. Lihatlah.
Pendapat ulama saat ini yang tergabung dalam web dibawah
ini menegaskan bahwa hadis di atas tidaklah dlaif:
قلت : محمد و محمود شخص واحد اضطرب الرواة في اسمه ، و هو معروف
النسب ، والده و جده معدودان في الصحابة ، ذكره البخاري في (( الكبير )) (1/148 ) و
سكت عنه ، و ابن حبان في (( الثقات )) ( 5/373) ، و انظر : (( تعجيل المنفعة)) ( رقم
: 1010 ) ، و (( تهذيب الكمال)) (28/121) .
و
الذي يظهر لي في هذا الإسناد أنه صالح ، لا بأس به ، فمعاذ : لا بأس به ، و قد سمع
من جابر بغير واسطة ، و لو سلمنا رجحان رواية ابن إسحاق لكانت كذلك صالحة ، لحال ابن
الجموح فهو مستور الحال ، و تنزل معاذ في الرواية عنه يقويه ، و الله أعلم
.
Ma'ruf Khozin, Pengasuh Kajian Hadis Bulughul Maram di
Masjid al-Akbar, Surabaya